Membuat Sistem Reaktivitas Seperti Vue.js Versi Sederhana - Bagian 2
Kamu membuka versi AMP halaman ini, jika ingin menggunakan fitur interaktifnya silahkan beralih ke halaman versi biasanya melalui, Membuat Sistem Reaktivitas Vue.js Versi Sederhana - Bagian 2
Baca bagian pertama di sini, Membuat Sistem Reaktivitas Vue.js Versi Sederhana - Bagian 1
Pada bagian sebelumnya kita telah berhasil membuat sistem reaktivitas sendiri. Namun sistem tersebut masih memiliki kekurangan yakni hanya dapat melakukan satu pekerjaan dalam satu waktu.
Sistem reaktivitas yang dimiliki Vue.js dapat melakukan banyak hal dalam satu waktu. Contohnya misal pada kolom pencarian dengan fitur pelengkap otomatis.
Sembari Vue.js menampilkan hasil pencarian, ia juga melakukan pengambilan data di balik layar. Kemudian data tersebut juga akan ditampilkan pada hasil pencarian.
Daftar Isi
Pembuat Reaktif untuk Banyak Pekerjaan
Tetapi kali ini kita tidak akan membuat aplikasi sekompleks itu, kita masih menggunakan kode dari demo terakhir pada bagian 1. Namun kita akan menambahkan aplikasi lain pada demo tersebut.
Kita akan menambahkan aplikasi penghitung detik (stopwatch). Mengapa penghitung detik? Karena aplikasi tersebut akan secara konstan menampilkan keadaan detik secara terus menerus.
Dengan demikian kita dapat mensimulasikan bahwa sistem reaktivitas yang kita buat dapat melakukan pekerjaan dalam satu waktu.
Pekerjaan pertama adalah melakukan kalkulasi dan menampilkan hasil beserta keadaannya dari aplikasi pertama dan pekerjaan kedua adalah secara konstan menampilkan keadaan detik dari aplikasi penghitung detik.
Struktur HTML
Pertama-tama kita harus menambahkan struktur HTML untuk penghitung detik terlebih dahulu.
<!-- Kode sebelumnya --><h2 class="hasil"></h1>
<hr />
<pre class="keadaan-2"></pre>
<div class="tombol"> <button class="mulai">Mulai</button> <button class="berhenti">Berhenti</button> <button class="reset">Reset</button></div>
<h2 class="detik"></h2>
<script> // Kode JavaScript sebelumnya</script>
Pada contoh kode di atas kita menambahkan pemisah antara kalkulator dan penghitung detik menggunakan tag hr
.
Selain itu kita juga memiliki tag pre
yang akan kita gunakan untuk menampilkan keadaan nyata dari variabel yang kita deklarasikan.
Kemudian kita juga menambahkan 3 tombol yang memiliki nama sesuai fungsinya masing-masing. Tombol tersebut adalah tombol mulai, berhenti dan reset.
Kemudian kita juga menambahkan tag h2
yang berfungsi untuk menampilkan detik.
Pada demo di atas, aplikasi kalkulator yang sebelumnya kita buat juga masih dapat bekerja dengan baik.
Keadaan Detik
Kemudian kita beralih ke bagian JavaScript. Yang perlu kita lakukan adalah mendeklarasikan terlebih dahulu variabel yang akan kita gunakan untuk menyimpan detik.
function mulai() { // ... Kode sebelumnya const keadaanDetik = { detik: 0 }}
Pada contoh kode di atas kita mendeklarasikan objek keadaanDetik
yang memiliki properti detik
. Sesuai dengan namanya properti inilah yang akan kita gunakan untuk menampung nilai dari detik.
Setelah itu kita perlu mendapatkan semua tag HTML yang telah kita deklarasikan agar dapat diakses di dalam JavaScript.
function mulai() { // ... Kode sebelumnya const tampilanKeadaan2 = document.querySelector('.keadaan-2') const tampilanTombolMulai = document.querySelector('.mulai') const tampilanTombolBerhenti = document.querySelector('.berhenti') const tampilanTombolReset = document.querySelector('.reset') const tampilanDetik = document.querySelector('.detik')}
Pada contoh kode di atas, kita mendapatkan semua komponen HTML dan menyimpannya masing-masing ke dalam sebuah variabel.
Fungsi Dasar
Kemudian yang perlu kita lakukan adalah membuat fungsi untuk menampilkan nilai sebenarnya dari variabel keadaanDetik
dan menampilkan nilai dari properti detik
.
function mulai() { // ... Kode sebelumnya function mutakhirkanPenghitungDetik() { tampilanKeadaan2.innerText = JSON.stringify(keadaanDetik, null, 2) tampilanDetik.innerText = keadaanDetik.detik.toString() }}
Pada contoh kode di atas kita mendeklarasikan fungsi bernama mutakhirkanPenghitungDetik
. Cara tersebut merupakan cara yang sama seperti yang telah kita gunakan untuk menampilkan keadaan dan hasil pada aplikasi kalkulator.
Selanjutnya kita akan membuat beberapa fungsi yang akan dieksekusi ketika pengguna mengklik ketiga tombol yang telah kita buat sebelumnya.
function mulai() { // ... Kode sebelumnya let idInterval = 0
function mulai() { idInterval = setInterval(() => { keadaanDetik.detik = keadaanDetik.detik + 1 }, 1000) }}
Pada contoh kode di atas kita mendeklarasikan variabel bernama idInterval
dengan nilai 0
. Variabel tersebut akan kita gunakan untuk menyimpan id dari fungsi setInterval
.
Selain itu, kita juga mendeklarasikan fungsi bernama mulai
. Di dalam fungsi tersebut kita memanggil fungsi setInterval
. Fungsi ini berguna untuk mengesekusi suatu fungsi dalam tenggang waktu tertentu secara berulang-ulang.
Fungsi setInterval
menerima 2 parameter, parameter pertama merupakan fungsi yang akan dieksekusi secara berulang-ulang. Parameter kedua merupakan seberapa lama tenggang waktunya dalam bentuk mili detik.
Karena kita akan membuat penghitung detik, maka kita akan mengesekusi fungsi pada parameter pertama dengan tenggang waktu 1 detik. Oleh karena itu kita akan memasukkan nilai 1000
pada parameter kedua.
Di dalam fungsi pada parameter pertama, kita menambahkan keadaan detik dengan nilai 1
karena setiap detik nilai dari keadaan detik tersebut juga akan bertambah 1
.
function mulai() { // ... Kode sebelumnya function berhenti() { clearInterval(idInterval) }}
Selanjutnya kita juga mendeklarasikan fungsi bernama berhenti
. Sesuai dengan namanya, fungsi ini berguna untuk menghentikan penghitung detik.
Cara menghentikan penghitung detik adalah dengan memanggil fungsi clearInterval
. Fungsi tersebut menerima satu parameter yakni id setInterval
yang telah kita atur sebelumnya.
function mulai() { // ... Kode sebelumnya function reset() { berhenti() keadaanDetik.detik = 0 }}
Kemudian kita juga mendeklarasikan fungsi bernama reset
. Di dalam fungsi ini kita memanggil fungsi berhenti
kemudian mengatur nilai properti detik
menjadi 0
.
Pendengar Peristiwa
Setelah semuanya dideklarasikan, yang perlu kita lakukan selanjutnya adalah memasang pendengar peristiwa pada ketiga tombol.
function mulai() { // ... Kode sebelumnya tampilanTombolMulai.addEventListener('click', () => { mulai() }) tampilanTombolBerhenti.addEventListener('click', () => { berhenti() }) tampilanTombolReset.addEventListener('click', () => { reset() })}
Pada contoh kode di atas, kita memasang pendengar peristiwa click
pada ketiga tombol tersebut. Di dalam fungsi pada parameter kedua, kita tidak perlu menambahkan parameter peristiwa
karena kita tidak membutuhkannya.
Yang perlu kita lakukan di dalam fungsi pada parameter kedua hanyalah memanggil fungsi-fungsi yang telah kita deklarasikan sebelumnya sesuai dengan fungsi tombolnya.
Tombol mulai memanggil fungsi mulai
, tombol berhenti memanggil fungsi berhenti
dan tombol reset memanggil fungsi reset
.
function mulai() { // ... Kode sebelumnya mutakhirkanPenghitungDetik()}
Kita juga perlu memanggil fungsi mutakhirkanPenghitungDetik
agar keadaan sebenarnya objek keadaanDetik
ditampilkan di layar peramban.
Pembuat Reaktif
Sebelum melanjutkan pembahasan mari kita mengingat kembali bagaimana sistem reaktivitas yang telah kita buat bekerja di balik layar.
function mulai() { // ... Kode sebelumnya const daftarKunci = Object.keys(keadaan)
daftarKunci.forEach(kunci => { let nilai = keadaan[kunci]
Object.defineProperty(keadaan, kunci, { enumerable: true, configurable: true, get: function pengambilReaktif() { return nilai }, set: function pengaturReaktif(nilaiBaru) { if (nilai === nilaiBaru) { return; } nilai = nilaiBaru kalkulasiHasil() mutakhirkanTampilan() } }) })}
Contoh kode di atas adalah kode yang kita gunakan untuk membuat sistem reaktivitas buatan kita bekerja.
Kita mengubah setiap properti yang terdapat pada objek keadaan agar memiliki fungsi pengambil dan fungsi pengatur menggunakan method defineProperty
yang terdapat pada kelas Object
.
Di dalam fungsi pengambilReaktif
kita hanya mengembalikan nilai dari properti sedangkan di dalam fungsi pengaturReaktif
kita memanggil fungsi kalkulasiHasil
dan mutakhirkanTampilan
.
Pemanggilan kedua fungsi itulah yang membuat aplikasi kita seolah-olah menjadi reaktif. Namun pemanggilan secara langsung di dalam fungsi pengaturReaktif
membuat sistem reaktivitas yang kita buat hanya dapat mengerjakan satu pekerjaan dalam satu waktu saja.
Kita dapat menganggap mengkalkulasi hasil dan memutakhirkan tampilan menjadi satu pekerjaan. Karena keduanya dieksekusi ketika terjadi perubahan pada objek keadaan.
Namun sekarang kita akan menambahkan satu aplikasi lainnya, sehingga kita pun perlu memiliki objek keadaan lainnya. Kita juga telah mendeklarasikan fungsi untuk memutakhirkan tampilan untuk aplikasi penghitung waktu.
Sehingga bisa dikatakan terdapat 2 pekerjaan yang perlu dilakukan, pekerjaan pertama adalah mengkalkulasi dan memutakhirkan tampilan pada aplilasi kalkulator dan pekerjaan kedua memutakhirkan tampilan pada aplikasi penghitung waktu.
Oleh karena itu kita memerlukan sebuah mekanisme untuk membuat kode di atas dapat digunakan berulang kali.
Hal yang mungkin kita lakukan untuk membuat kode di atas dapat digunakan berulang kali adalah merefaktornya menjadi sebuah fungsi.
Namun hal tersebut belumlah cukup karena di dalam fungsi pengaturReaktif
kita memanggil fungsi untuk mengkalkulasi dan memutakhirkan aplikasi kalkulator secara langsung.
Coba teman-teman pikirkan sejenak apa yang dapat kita lakukan untuk mengatas permasalahan tersebut. Kita ingin membuat kode sebelumnya dapat digunakan secara berulang kali namun kita juga tidak bisa meletakkan fungsi untuk memutakhirkan layar dan kalkulasi di dalam fungsi pengaturReaktif
.
.
.
.
Bagaimana? Sudah menemukan solusinya? Mari kita bahas bersama-sama. Kita sudah mengetahui bahwa kita dapat membuat sebuah kode digunakan secara berulang kali dengan mengubahnya menjadi fungsi.
Namun permasalahan kedua masih belum terselesaikan. Dimanakah kita meletakkan fungsi untuk memutakhirkan layar dan mengkalkulasi?
Karena sumber inspirasi pembuatan sistem reaktivitas kita adalah Vue.js, mari kita perhatikan kembali diagram sistem reaktivitas Vue.js berikut:
Mari kita pikirkan apa yang telah kita punya sekarang dan apa yang belum kita punya agar sistem reaktivitas buatan kita sama seperti sistem reaktivitas Vue.js.
Kita telah mempunyai keadaan atau data pada diagram di atas. Kita juga telah mempunyai pengambil dan pengatur atau getter & setter pada diagram di atas.
Berarti kita masih belum memiliki pengintai atau watcher pada diagram di atas. Yap kita membutuhkan pengintai. Pengintai bertugas untuk menyimpan pekerjaan dan menjalankannya jika terdapat perubahan pada keadaan.
Istilah menyimpan pada diagram di atas adalah collect as dependency dan menjalankan pekerjaan adalah trigger re-render.
Kita juga masih tetap menggunakan fungsi pengambil dan pengatur untuk membuatnya.
Pada bagian sebelumnya juga telah dibahas. Ketika suatu variabel diakses, maka fungsi pengambil akan dieksekusi. Fungsi tersebut akan menyimpan pekerjaan.
Kemudian ketika suatu variabel diubah nilainya, fungsi pengatur akan memberitahukan pengintai untuk menjalankan pekerjaan yang telah disimpan sebelumnya.
- Di dalam fungsi pengambil telah dideklarasikan suatu mekanisme untuk menyimpan suatu pekerjaan sebagai dependensi.
- Sedangkan di dalam fungsi pengatur dideklarasikan suatu mekanisme untuk memberitahukan semua dependensi bahwa variabel tersebut telah berubah nilainya. Sehingga pekerjaan yang telah disimpan sebagai dependensi dapat dijalankan.
Oke langsung saja kita ubah fungsi pengambil dan pengatur agar sesuai dengan pembahasan kita sebelumnya dan membuat sebuah pengintai untuk menyimpan pekerjaan.
Mari kita buat terlebih dahulu pengintai tersebut.
function mulai() { // ... Kode sebelumnya class Pengintai { constructor() { this.daftarPekerjaan = [] } } Pengintai.pekerjaan = null}
Pada contoh kode di atas kita membuat sebuah kelas bernama Pengintai
. Di dalam kelas tersebut, kita juga mendeklarasikan sebuah konstruktor yang bertugas untuk membuat variabel daftarPekerjaan
dan mengatur nilainya menjadi array kosong. Variabel tersebut kita gunakan untuk menyimpan daftar pekerjaan.
Selain itu kita juga mengatur kelas Pengintai
agar memiliki properti pekerjaan
. Properti pekerjaan
ini akan kita gunakan untuk menyimpan pekerjaan yang akan disimpan ke dalam daftar pekerjaan.
Properti pekerjaan
sengaja kita letakkan pada kelas Pengintai
secara langsung agar dalam satu waktu hanya satu pekerjaan yang disimpan ke dalam daftarPekerjaan
. Selain itu untuk dapat mengubah nilainya kita tidak perlu menginisiasi kelas Pengintai
menggunakan kata kunci new
terlebih dahulu.
Selain variabel tersebut, kita juga membutuhkan method untuk menyimpan pekerjaan ke dalam daftar pekerjaan dan method untuk menjalankan pekerjaan.
function mulai() { // ... Kode sebelumnya class Pengintai { constructor() { this.daftarPekerjaan = [] }
simpanPekerjaan() { if(Pengintai.pekerjaan) { this.daftarPekerjaan.push(Pengintai.pekerjaan) } } } Pengintai.pekerjaan = null}
Pada contoh kode di atas, kita mendeklarasi method bernama simpanPekerjaan
. Di dalam method tersebut kita mengecek apakah properti pekerjaan
memiliki nilai atau tidak. Jika ya, ia akan menyimpan nilai tersebut ke dalam daftarPekerjaan
.
Kemudian kita juga membutuhkan method untuk menjalankan semua daftar pekerjaan yang telah disimpan di dalam daftarPekerjaan
.
function mulai() { // ... Kode sebelumnya class Pengintai { constructor() { this.daftarPekerjaan = [] }
simpanPekerjaan() { if(Pengintai.pekerjaan) { this.daftarPekerjaan.push(Pengintai.pekerjaan) } }
jalankanPekerjaan() { this.daftarPekerjaan.forEach(pekerjaan => { pekerjaan() }) } } Pengintai.pekerjaan = null}
Pada contoh kode di atas, kita mendeklarasikan method bernama jalankanPekerjaan
. Di dalam method tersebut kita melakukan pengulangan menggunakan method forEach
. Pengulangan tersebut akan menjalankan semua pekerjaan yang telah disimpan di dalam daftarPekerjaan
.
Selanjutnya mari kita refaktor kode yang bertugas untuk membuat objek keadaan reaktif pada bagian sebelumnya.
function mulai() { // ... Kode sebelumnya function observasi(objek) { const daftarKunci = Object.keys(objek)
daftarKunci.forEach(kunci => { let nilai = objek[kunci] const pengintai = new Pengintai()
Object.defineProperty(objek, kunci, { enumerable: true, configurable: true, get: function pengambilReaktif() { pengintai.simpanPekerjaan() return nilai }, set: function pengaturReaktif(nilaiBaru) { if(nilaiBaru === nilai) { return } nilai = nilaiBaru pengintai.jalankanPekerjaan() } }) }) } // ... Kode setelahnya}
Pada contoh kode di atas, kita telah merefaktor kode yang bertugas untuk membuat objek keadaan reaktif dengan cara membuat fungsi bernama observasi
. Fungsi tersebut menerima 1 parameter berupa objek.
Yang pertama kita mengubahnya menjadi fungsi yang menerima parameter berupa objek. Kemudian di dalam pengulangan kita menginisialisasi objek sebenarnya dari kelas Pengintai
dan menyimpannya ke dalam variabel bernama pengintai
.
Selanjutnya di dalam fungsi pengambilReaktif
sebelum kita mengembalikan nilai, kita memanggil method simpanPekerjaan
yang terdapat pada objek pengintai
.
Dan yang terakhir kita memanggil method jalankanPekerjaan
yang terdapat pada objek pengintai
di dalam fungsi pengaturReaktif
.
Kode di atas memiliki fungsi yang sama seperti kode sebelumnya yakni membuat suatu objek menjadi reaktif.
Hanya saja pada kode sebelumnya ketika terdapat perubahan terhadap suatu properti yang dimiliki objek, kita langsung menjalankan pekerjaan yang berhubungan dengan properti tersebut. Dan ketika properti tersebut diakses, kita hanya mengembalikan nilainya tanpa melakukan apapun.
Sedangkan pada kode di atas, ketika properti diakses selain mengembalikan nilai kita juga menyimpan pekerjaan yang berhubungan dengan properti tersebut. Dan ketika terdapat perubahan kita menjalankan semua pekerjaan yang telah disimpan sebelumnya.
Setelah membuat kode di atas dapat digunakan secara berkali-kali, kita dapat memanggil fungsi observasi
tersebut dengan parameter keadaan
dan keadaanDetik
.
function mulai() { // ... Kode sebelumnya observasi(keadaan) observasi(keadaanDetik)}
Dengan begitu secara otomatis semua properti yang dimiliki oleh kedua objek tersebut akan menjadi reaktif.
Kemudian mungkin teman-teman timbul pertanyaan, darimanakah kode di dalam fungsi observasi
tahu hubungan antara properti dengan pekerjaan yang harus dijalankan ketika terjadi perubahan padanya.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita membutuhkan satu fungsi lagi sebagai bantuan.
function mulai() { // ... Kode sebelumnya function pelaksana(pekerjaan) { Pengintai.pekerjaan = pekerjaan pekerjaan() Pengintai.pekerjaan = null }}
Pada contoh kode di atas kita membuat satu fungsi lagi sebagai bantuan. Fungsi tersebut bernama pelaksana
yang menerima 1 parameter bernama pekerjaan
.
Ada 3 hal yang dilakukan fungsi tersebut, yang pertama adalah menyimpan parameter ke dalam properti pekerjaan
yang dimiliki oleh kelas Pengintai
.
Yang kedua adalah memanggil parameter sebagai fungsi. Dan yang terakhir adalah mengatur nilai properti pekerjaan
pada kelas Pengintai
menjadi null
.
Fungsi pelaksana
tersebut menerima 1 parameter bernama pekerjaan
. Parameter tersebut berupa fungsi yang akan dieksekusi jika terdapat perubahan pada properti reaktif yang dibahas sebelumnya.
Properti tersebut pasti diakses di dalam fungsi yang harus dijalankan ketika properti tersebut berubah.
Mari kita lihat fungsi untuk memutakhirkan layar pada aplikasi kalkulator yang telah kita buat sebelumnya.
function mulai() { // ... Kode sebelumnya function mutakhirkanTampilan() { tampilanKeadaan.innerText = JSON.stringify(keadaan, null, 2) tampilanHasil.innerText = keadaan.hasil.toString()
tampilanInput1.value = keadaan.input1.toString() tampilanInput2.value = keadaan.input2.toString()
tampilanOperator.value = keadaan.operator } // ... Kode setelahnya}
Di dalam fungsi mutakhirkanTampilan
di atas, kita mengakses properti hasil
, input1
, input2
dan operator
. Maka ketika semua properti tersebut di akses, fungsi mutakhirkanTampilan
akan disimpan ke dalam daftar pekerjaan.
Oleh karena itu setelah kita memanggil fungsi observasi
dengan parameter objek keadaan
dan keadaanDetik
, kita juga perlu memanggil fungsi pelaksana
dengan parameter fungsi mutakhirkanTampilan
.
function mulai() { // ... Kode sebelumnya pelaksana(mutakhirkanTampilan)}
Oya karena di dalam fungsi pelaksana kita telah memanggil parameternya sebagai fungsi, semua pemanggilan fungsi mutakhirkanTampilan
harus kita hilangkan juga.
Demo di atas kita telah berhasil menampilkan keadaan sebenarnya dari variabel keadaan
. Tetapi ketika terjadi perubahan tidak terjadi kalkulasi secara otomatis.
Hal tersebut dikarenakan kita hanya memanggil fungsi pelaksana
dengan parameter fungsi mutakhirkanTampilan
saja. Seharusnya kita juga perlu memanggil fungsi pelaksana
dengan parameter fungsi kalkulasiHasil
.
function mulai() { // ... Kode sebelumnya pelaksana(kalkulasiHasil)}
Dengan begitu selain keadaan sebenarnya dari variabel keadaan
ditampilkan hasil juga akan terkalkulasi secara otomatis.
Kita telah berhasil merefaktor kode yang sebelumnya hanya dapat digunakan untuk satu pekerjaan menjadi dapat digunakan untuk banyak pekerjaan.
Namun kita belum mengecek apakah kode hasil refaktor kita memang benar dapat digunakan untuk banyak pekerjaan.
Karena kita telah mengubah objek keadaanDetik
menjadi reaktif menggunakan fungsi observasi
. Maka hal terakhir yang perlu kita lakukan adalah memanggil fungsi pelaksana
dengan mutakhirkanPenghitungDetik
sebagai parameternya.
function mulai() { // ... Kode sebelumnya pelaksana(mutakhirkanPenghitungDetik)}
Sekali lagi kita perlu menghapus semua pemanggilan fungsi mutakhirkanPenghitungDetik
karena ketika dijadikan parameter pada fungsi pelaksana
, ia akan secara otomatis dipanggil.
Ikhtisar
Pada bagian kedua ini kita telah berhasil membuat sistem reaktivitas yang dapat melakukan banyak hal dalam satu waktu. Teman-teman dapat mencobanya menggunakan demo di atas.
Tekan tombol mulai dan biarkan detiknya berjalan sembari berinteraksi dengan aplikasi kalkulatornya.
Keadaan sebenarnya pada aplikasi kalkulator tidak dipengaruhi oleh keadaan sebenarnya penghitung detik dan begitu juga sebaliknya.
Yang telah kita lakukan untuk mewujudkan sistem reaktivitas yang dapat melakukan banyak hal dalam satu waktu adalah merefaktor kode untuk mengatur fungsi pengambilReaktif
dan pengaturReaktif
menjadi sebuah fungsi yang dapat dipanggil secara berulang kali. Fungsi tersebut kita beri nama observasi
.
Oleh karena itu kita juga membutuhkan fungsi tambahan bernama pelaksana
. Fungsi ini berfungsi sebagai penghubung antara properti dengan pekerjaan yang harus ia kerjakan ketika terjadi perubahan nilai.
Selain itu kita juga membuat kelas bernama Pengintai
yang memiliki method untuk menyimpan dan menjalankan pekerjaan.
Oh ya kalau teman-teman bingung dengan penjelasannya, teman-teman dapat mengklik tautan yang terdapat pada setiap bagian demo. Tautan tersebut mengarah ke halaman Github yang menampilkan kode sumber dari demo yang bersangkutan.
Walaupun kita telah berhasil membuat sistem reaktivitas kita sendiri menyerupai Vue.js. Namun sistem tersebut masih belum dapat dikatakan sama 100%.
Hal tersebut dikarenakan kita masih belum menangani reaktivitas pada array. Dari bagian 1 hingga bagian 2 ini kita hanya berfokus pada membuat sistem reaktivitas yang bekerja pada objek.
Sayangnya, untuk membuat sistem reaktivitas tersebut bekerja pada array. Kita tidak dapat menggunakan fungsi pengambil dan pengatur.
Kita perlu memikirkan cara lain untuk melakukannya. Mungkin teman-teman bisa membantu dan memberikan saran kepada saya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Kemudian kita akan coba bahas pada bagian selanjutnya.
Terima kasih dan semoga bermanfaat!